Custom Search

Intlektualitas Wanita Muslim

Novel yang diterbitkan oleh Zikrul Hakim ini merupakan novel islami yang dikarang oleh Pipiet Senja, seorang penulis perempuan yang sangat konsisten dengan profesinya, tlah lebih 30 Th malang melintang di khazanah kepenulisan indonesia. Novel yang bertajuk Kapas-Kapas Di Langit ini sarat dengan makna didalamnya. Pada novel ini banyak sekali pelajaran-pelajaran tentang kehidupan ataupun religius yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun novel ini merupakan novel Islami tetapi didalamnya juga menceritakan betapa pentingnya ilmu dan teknologi yang dijalankan seimbang dengan hubungannya kepada Allah SWT.

Tokoh utama dalam cerita ini adalah Garsini, ia seorang wanita yang ingin membuktikan kemampuannya dengan meraih prestasi demi prestasi. Awal tujuannya adalah untuk menarik perhatian dan kasih sayang ayahnya, yang seringkali memperlakukannya dengan kasar dan pilih kasih diantara tiga saudaranya. Berangkat dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga orang tuanya, Garsini berhasil membuktikan dirinya sebagai anak yang bisa dibanggakan. Lulus smu, ia meneruskan kuliahnya di UI. Namun pada semester 3, ia berhasil mendapatkan beasiswa monbusho dari pemerintah jepang. Garsini meninggalkan tanah air denga satu tujuan, yaitu membuktikan kepada dunia bahwa gadis muslimah, berjilbab sepertinya pun mampu berbicara di dunia internasional. Dikalangan rekan-rekannya di universitas Tokyo, Garsini dikenal sebagai mahasiswa yang enerjik, jenius, taat beribadah dan berkepribadian tangguh, yang selalu dibalut dengan busana yang unik. Dikalangan dosen, Garsini pun sangat dihargai dan disayangi, sehingga ada seorang guru besar tamu di universitasnya, Prof. Charles terkesan sekali dengan kemampuan Garsini dan menjadikan Garsini sebagai asistenya. Berkat dukungan dari profesor ini ia berhasil menerbitkan kamus perbandingan antar Bangsa-Bangsa Asia.

Kelebihan novel ini terlihat jelas dari gaya tulisan pengarang . pengarang menyajikan sebuah novel dengan susunan kata yang menarik dan bahasanya yang lugas.pengarang juga menampilkan tokoh yang berkarakter dan ending novel ini pun cukup menarik, tokoh utama yaitu Garsini dihadapkan antara dua pilihan, kembali ketanah air dan menerima lamaran seorang dokter atau menerima beasiswa S2 ke universitas berkelas. Novel ini sangat menarik dan sangat layak dibaca. Disini kita dapat menemukan nuansa yang berbeda dari novel tersebut.

by herbowo sampurno

(pertama kali dipublikasikan di www.pintunet.com
Technorati Profile

2 komentar:

soemandjaja mengatakan...

wah... ehem.. ehem..

etikush mengatakan...

Tapi kenapa justru yang saya lihat sekarang malah wanita muslim yang berkerudung, tapi....
hehehe.....