Custom Search

Teknik Membuat Komik Yang Berkualitas

Membuat komik tidak semudah seperti yang kita bayangkan, perlu alur gambar dan cerita yang dapat menghubungkan antara bagian satu dengan bagian yang lainnya. Dalam buku yang berjudul 14 jurus membuat komik karya Toni Masdiono, yang diterbitkan oleh Creativ Media Jakarta ini berisi teknik-teknik praktis dalam membuat sebuah komik yang disajikan dengan bahasa gambar dan tulisan.

14 jurus dasar membuat komik ini sangat perlu diperhatikan untuk para pemula dalam membuat sebuah komik yang baik dan berkualitas. Sebelum membuat komik mereka harus mengenal anatomi dari komik itu terlebih dahulu dan berbagai peralatan dasar yang harus disiapkan. 14 jurus dasar membuat komik tersebut berisi tentang : teknik menggambar proporsi manusia, eksyen, karakter dan emosi setiap tokoh, ekspresi wajah, teknik menggambar perspektif, teknik bayangan, membuat balon kata dan frame, gaya gambar, tata gambar, membuat skenario dan sketsa komik. Hal-hal yang disebutkan diatas dapat kita pelajari dengan praktis dalam buku ini.

Komik merupakan cerita bergambar yang dituangkan dalam goresan-goresan tinta dan setiap goresannya mewakili ide dari sang penggambar dalam mengekspresikan karyanya. Oleh karena itu untuk mencapai hasil yang maksimal kita harus tekun berlatih dan berkarya dalam mengembangkan kemampuan dan bakat kita. Buku 14 jurus membuat komik dibuat dengan cover yang menarik dan kualitas kertas yang bagus serta penggunaan bahasa yang mudah untuk dipahami. Buku ini sangat bermanfaat, terutama bagi anda yang gemar membuat komik .

pertama kali di publikasikan di www.pintunet.com

54 komentar:

Tony mengatakan...

ga ngerti aku gambar nya gimana tuh komik :D

Ridho mengatakan...

Saya kurang ngerti tuh cara gambar komik yg berkualitas, palingan saya cmn bisa gambar sinchan, hehehe

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Aku dulu sebenarnya pengin bisa gambar komik..Tapi dasare gak ada bakat plus kurang latihan,jadinya ya sampe sekarang gak bisa2..Paling2 cuma bisa gambar donal bebek pas lagi ketawa. :)

eBet mengatakan...

ah..
kamu ini mas bowo...
tu kan cuma berupa saran sekedarnya sajah..
ta kirain obat batuk

oeoes mengatakan...

aku mlaha gak bisa gambar blas kang boim

edisamsuri mengatakan...

kalau sudah urusan gambar-menggambar itu nyerah deh, secara ngga bisa gambar jadi mana mungkin juga bikin komik....kalau suruh bikin blog..wah sebentar juga jadi.

Mike.... mengatakan...

duh..kagak pinter gambar gw bro..cuman suka baca komik doang..he..he..

Rogan mengatakan...

peneg seh buat komik sendiri judulnya yang susah kang boim

Daniel GM mengatakan...

uhh... butuh bakat khusus.. aku cuma suka baca aja... he he..

ArverneSter mengatakan...

yang sama seklai ga berbakat d bidang komik bisa langsung blajar dengan buku tersebut?

papapam traffic mengatakan...

aq suka komik sinchan bang, critanya lucu deh..he3, kapan ya komikus indo bisa buat seperti itu dan rutin terus ada di pasaran

uNieQ mengatakan...

skg banyak novel2 yg nyelipin 2-5 halaman berupa cerita bergambar ato komik.. nah info dari kang boim ini menarik banged... makasih ya infonya kang

acy mengatakan...

wah kreator komik yang pasti harus jago gambar dulu,kalo acy meski udah baca tetap aza nggak bisa2,he3x :)

IndonesianVoices mengatakan...

Oke deh...

Bayu Aditya mengatakan...

bener bgt kang, apalagi "kualitas kertas yang bagus", sering bgt saya liat2 di Gramedia buku komik, kertasnya jelek, ngecap2 di jari

emfajar mengatakan...

saya cuma suka bacanya aja,, tapi klo masalah buat komik ga bisaaa

yog@ mengatakan...

kalo saya mah, siap baca yg udah jadinya aja.hehehehe

Rofi mengatakan...

makin banyak ilmu aja di sini kang.....mantaf deh heheheh

Izzul_Cool mengatakan...

Kalau saya penggila berat Detective Conan. Pembuatnya, Aoyama Gosho adalah komikus terhebat I've ever thinked.

Blogger Addicter mengatakan...

wah kayanya nyari ide dan gambarnya nie yg susah kang..hehehe..kayanya harus byk2 liat gambar animasi sama sering latian gambar br bisa buat komik..selamat menjalankan ibadah puasa yah kang..mohon maaf lahir dan batin..sukses buat kang boim..:)

Enhal mengatakan...

hehehe..kalo saya kang suka doraemon..unik, cerdas and lucu.

aphied mengatakan...

wah,,,aphied g bs gambar komik,,
klo ada software nya yg gamapang,,mungkin bole jg dicoba.hehe

fragaria mengatakan...

aku kurang suka baca komik (cuma suka doraemon sama conan).... apalagi bikin komik, hahagh...

ROE mengatakan...

Marhaban yaa Ramadhan

bulan suci Ramadhan 1429 H telah Tiba, Bulan keagungan yang penuh hikmah, berkah, rahmah dan ampunan. Bulan peperangan berat melawan musuh terberat manusia - hawa nafsu.

Semoga kita semua menjadi pemenang dalam peperangan ini. Diterima segala amal ibadah kita dan dihapuskan segala dosa dan kesalahan. Kembali ke fitrah sebagai manusia khalifah di muka bumi.

Saya dan keluarga memohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan dan khilaf, lisan maupun tulisan, disengaja ataupun tidak. Insya Allah kami juga sudah memaafkan segala ganjalan, berat hati dan kesalahan yang dilakukan kepada kami. Mudah-mudahan kita semua melewatkan bulan Ramadhan ini dengan hati bersih, lapang dan ikhlas hanya kepada ALLAH SWT.

Marhaban ya Ramadhan
Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1429 H

-- RoE ---

Ragil Cahya Maulana mengatakan...

salam kenal, mas. I'm your big fan..

pengin tau cara bikin komik yg bagus dan cepet? sewa temen kls 3 SMA anda yg sangat hobi menggambar. dijamin memuaskan, tapi bayarannya mahal..

hendra mengatakan...

udah lama ya, aq ga' berkunjung di blog ini, bikin komik ya kang, wah jadi pengi, tapi kok belum penter gambar ya aq, kang boim belum pernah berkunjung rumah baruku ya, yang di http://celotehan.com, itu sekarang yang jadi basecampku kang., ayo2, berkunjung kang.

Lyla mengatakan...

wah aku gak bisa gambar komik mas, tp seneng baca komik hehehe

cezmed mengatakan...

pengn euy jadi komikus :D

putra mengatakan...

naruto,shincan atao yang aga' tua-an dragon ball adalah sedikit seretan tokoh komik yang banyak diminati di negeri ini. tapi sayang kita sendri seperti kurang kreasi, siapa coba tokoh komik indo yang cukup keren.??

ini artinya kita mesti banyak belajar lagi, belajar dan terus belajar lagi. info dari akang ini semoga menjadi penggugah menggairahkan buat kita semua.

kalo ga' nyambung harap dimaklumi ya..cz 99% pemula.

ipanks mengatakan...

saya bisa nya cuma baca komiknya aja om

Dien mengatakan...

kalau gambaranku belepotan. wah, ga bisa dinikmatin tuh komiknya... hehehe...

aku juga suka gambar kok, itu cuman waktu SD... sekarang udah engga

aprie mengatakan...

wah..gambar aja ga bisa..
apalagi bikin komik.
hehehe..

artofreed mengatakan...

yang bikin komik bener2 punya imaginasi yang kuat dan bakat.... menciptakan karakter tokoh komiknya saja susaaaah bangeeeet !!

qpin mengatakan...

akh q print ah..

kaka aq hobi bikin kimok sih,

thx infonya

indonesiadua mengatakan...

yang parahnya dah cape2 bikin komik, trus dibajak... capeeedeee....
tapi bikin komik mang bukan pekerjaan sederhana! imajinasi, skill, waktu, dst semua terlibat disana!

Kristina Dian Safitry mengatakan...

perlu dipelajari nih..

namaku wendy mengatakan...

wen mah gak bisa bikin komik, bisanya baca komik aja hehehe, komik pertama yg dulu pernah dibaca tu komik gareng petruk, punya sampe satu plastik tp skarang dah pd ilang hehehe;p

dede mengatakan...

waduh yang ini saya nggak ngerti,..harus gambar dulu baru nulis gitu?..mgambarnya aja nggak bisa? hehehe ok lah sori bang baru bisa mampir nih,..sukses selalu

ezZa mengatakan...

komik tu harus orisinil...

sayangnya aku g bsa gambar komik...

oadahal pgn bgt bisa...

CEMOLEX mengatakan...

WAH KALO YG NAMANYA KOMIK.. MAKANAN SEHARI2 WAKTU SEKOLAH DULU.. DARI KOMIK ANAK2 ( HC ANDERSEN ), GUNDALA ( HASMI ) SAMPE MAHABARATA ( RA KOSASIH ), ..KHAYAKNYA SIH DAH KATAM..

A.b.u mengatakan...

Wah,gw kira apaan...... cegek.... tapi gpp c,info bwt aq yg sampingannya ngomik...

Anonim mengatakan...

aku sih nggak bissanya cuma cara gambarnya, kalo ide ceritanya ma udah kepikiran dr awal ampe akir....

Anonim mengatakan...

tolongggggg
dong teknik.a gambarnya gunakan gambar!!!!!!!!!
agar aq mengerti!!!!!!!!!!!!!!!!!

Arigatou Gozaimasu!!!!!!!!!!

nilma mengatakan...

waduh... kayakx musti nyari bukux ya... ulas lebih dong detail dong bg isi bukux... aq bner2 mw blajar carax...

nilma mengatakan...

aku msih awam bgt

Anonim mengatakan...

Ich denke, dass Sie nicht recht sind. Es ich kann beweisen. Schreiben Sie mir in PM, wir werden reden. levitra bestellen levitra online [url=http//t7-isis.org]cialis 20mg tadalafil[/url]

Mas-Raden mengatakan...

jepang nihhh masternya buat komik. . .tapi muga2 de indonesia ndang bisa

salam kenal sob. . .

Anonim mengatakan...

TAI!!!! blog apa ini, kirain tutorial untuk gambar manga, klo di suruh nyari bukunya, nggak disuruh juga udah tau bukunya banyak yang jual.... Huuuuuu,..... artikelnya gk berbobot gak membantu....

harga kambing kurban mengatakan...

komik indonesia juga kerene2 ya

percetakan brosur mengatakan...

ga ngerti gan:)

asuransi kesehatan syariah mengatakan...

impoh bagus

sari kurma mengatakan...

impoh bagus gan

alat gula darah mengatakan...

salam kenal

kambing kurban mengatakan...

sip gan