Custom Search

Rumus-Rumus Praktis Matematika Dasar

Matematika menurut sebagian orang merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup sulit. Namun sebenarnya bila kita telah mengetahui rumus-rumus dasar matematikanya, maka akan mempermudah kita untuk memahaminya dan soal matematika sesulit apapun insya Allah dapat kita kerjakan dan kita temukan pemecahannya. Pada buku yang berjudul Matematika Praktis SMU Persiapan Ebtanas dan UMPTN ini ditulis oleh Supanto dan diterbitkan oleh Gunung Pesagi. Supanto adalah salah satu staf pengajar di SMUN 2 Bandar lampung yang ingin memberikan pengalaman serta ilmunya untuk siswa SMU yang akan menghadapi ujian agar dapat mengerjakan soal-soal matematika dengan praktis dan cepat.

Buku ini menyajikan berbagai rumus-rumus cepat dan praktis serta dilengkapi dengan contoh soal dan penyelesaiannya. Materi-materi rumus yang disajikan adalah materi yang akan keluar pada ujian akhir sekolah dan ujian masuk perguruan tinggi seperti differensial, trigonometri, logika, integral, dll. Buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti sehingga dapat dengan cepat dipelajari dan dipahami oleh pembaca.

Model penerapan rumus praktis pada buku yang berjudul Matematika Praktis Persiapan UAN dan SPMB ini adalah dengan cara memberikan bentuk umum dari rumus dasar matematika tersebut serta contoh soal yang akan diselesaikan dengan rumus tersebut, kemudian setelah itu barulah diberikan rumus praktisnya dengan soal yang sama untuk diselesaikan sebagai suatu perbandingan penggunaan antara rumus dalam bentuk umum dengan dengan rumus praktisnya. Pada buku ini pun diberikan soal-soal SPMB matematika dasar dan penyelesaian dari tahun 1993-2000.

Dengan buku ini seseorang dapat mempelajari berbagai rumus praktis matematika dasar sebagai bekal untuk menghadapi ujian khususnya pada pelajaran matematika. Dengan menggunakan rumus praktis mereka dapat mengerjakanya soal-soal ujian matematika dengan lebih cepat dan mudah serta hasil penyelesaian yang akurat. Harga buku ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 12.500,- . buku ini sangat bermanfaat bagi mereka yang akan menghadapi UAN dan SPMB sebagai bekal pengetahuan.

pertamakali dipublikasika di www.pintunet.com

51 komentar:

namaku wendy mengatakan...

bang boim lagi jadi sales buku yah ceritanya, gemana dg waroeng kopinya dunk hehehe btw tetep aja mo begadang kaya gimana juga wen gak paham hiks tetep aja dodol;p

Rofi mengatakan...

walah gw kira pertamaxxxxx ke duaxxxxx dah.. g papa.... syang bro.. gw dah tua,...halah hehehehe matik2 tetep aja amusuhhhhh

uNieQ mengatakan...

huaaa matematika ya????? hmmm
*buka sendal pelan2, jalan jinjit biar ga nimbulin suara, buka pintu, lalu kabooooooooooooooooooooor*

acy mengatakan...

matematika waduh pucingggg...

Milla Widia N mengatakan...

aihhh matematika, otak aku udah rada korslet nih ama yg satu ini hahaha... *ngacirrrrr*

tyas mengatakan...

sekarang kalo ngeliat buku2 anak SMP aja, matematikanya susah banget..
gak kaya jaman aku dulu..
wah, kalo anak udah SMP, mamanya harus ikutan les nih..

enhal_84 mengatakan...

mudah2an dengan adanya buku ini...pelajaran matematika makin digemari sehingga ahli sains di Indonesia tahun mendatang semakin banyak

ipanks mengatakan...

beliin satu buku ya om hehe :D

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Kang,mestinya kalo beli buku itu dapet bonus kopi satu bungkus..biar nanti pas baca bukunya gak ngantuk.Terobosanku ciamik to?

emfajar mengatakan...

saya lebih suka matematika daripada sejarah..

Panda mengatakan...

semoga dengan adanya buku ini generasi saat ini tidak lagi menganggap matematika sebagai momok yg harus dihindari.

mantab kang :)

oping mengatakan...

waduh... jadi inget SPMB nih jadinya hehehhe... belajar matdas 3 jam sehari H-1bulan SPMB... oping paling ga suka diferensial-integral... aneh (baca:susah) hahahaha...

haryantoblog mengatakan...

Nilai Matematikaku jelak kang waktu SD ampe SMA. Wah kalau buku ini ada sejak dulu mungkin nilaiku bagus kali ya

kapanpun mengatakan...

aku mau kalo di beliin gratis ama KANG BOIM

JoVie mengatakan...

Yuu Huu..Matematika bikin pusing tapi mengasyikkan lhoo....

Lyla mengatakan...

waduh.. rumus matematika...aku dasarnya gak bisa ya tetep gak bisa matematika hiks hiks

s4s - Boxlog mengatakan...

Konten pendidikan semacam ini memang sudah selayaknya di kelola oleh para blogger, seandainya semua blogger menulis minimal 1 artikel sejenis ini setiap bulan. Berapa konten pembelajaran yang lahir dari para blogger dalam 1 tahun?

Kristina Dian Safitry mengatakan...

satu ditambah satu..sama dengan dua.
dua ditambah dua sama dengan empat.
ayo kawan belajar berhitung, *walah kok malah nyanyi sih*

vRitTa^^ mengatakan...

wah kang,, promosi ya? hehehe.
waktu kemaren aku les, aku nggak usah beli buku2 macam gini.. di bimbel udah dapet soalnya. hehehehehe.
matematika itu nggak kayak biologi.
rumus bisa dihapal dengan cara berlatih soal kok^^
apalagi matematika itu gampang pakek logika soalnya.
lebi gampang lah daripada pelajaran sejarah ma PKN. huhuhuhuhu

oia kang, maap ya vRitTa jarang OL. ospec itu loooo

POTTER mengatakan...

Waddooh matematik, jg inget masa sekolah dulu, umtuk mapel ini aku selalu mendapat nilai terendah,
hihihihihi......

firdaus.a mengatakan...

kadang bingung juga, kenapa judulnya dibikin "buku praktis", "mudah belajar matematika"... he..he..

Padahal jujur aja.. "Buku SULIT matematika", "Rumus Rumit Matematika".. lha emang rumit kok. Biar anak2 yang tertarik adalah anak2 yang punya mental baja. Walau tahu itu sulit, tapi tetep INGIN belajar.. he..he..

*mimpi aja lu firdaus.. :p)

Bayu Aditya mengatakan...

wah, buku praktis. emang praktis beneran ya? tetep aja matematika sulit :(

Nara mengatakan...

kang..bukunya tentang matematika yah..yang saya benci dari SD tapi setelah SMA saya menyukai sekali pelajaran ini..hehehe..jangan dijadikan suggesti dan paradigma[waduh apa lagi ini bahasanya] kalau matematika susah..tapi sebenernya matematika memang susah jika tidak ditekuni..hehehe..klo ada kemauan untuk mempelajari saya yakin gampang..karena saya udah pernah mengalami hal tersebut..saya cuma bisa berterima kasih dengan guru yang sudah mengajar matematika tersebut..halah ini kok jadi ajang reunian yah..hehehe..kang pamit dulu yah..mau wiken sama kompi nie..mau off selama beberapa hari..sukses yah kang dan selemat wiken aja..:)

bani risset mengatakan...

matematikaaa???

*kabuuuuuurrrrrr....*

Tony mengatakan...

ga ada link donlotnya kang ? :D

Taktiku mengatakan...

Uh matematika salah satu pelajaran yang paling saya suka waktu masih SMA dulu :D

erwin mengatakan...

weh tumben kang boim nie...
berarti akang pintr maetik nie..bisa jadi guru privat saya nie..:D

aprie mengatakan...

wah ini hantunya dunia nih..
betewe bisnib baru neh?
hahahaha...

Benny Andhika mengatakan...

aduh kang jg ngomongin pelajaran matematika.. ngeliatnya aja udh mumet.. hehe

edisamsuri mengatakan...

Wah Kang boim beralih profesi nih, warung kopinya bangkrut.

Sebagai sesama profesi saya salut dengan Ma suparno yagn sudah mampu membuat buku panduan....saya kapan ya. Harganya murah lagi

Armand mengatakan...

Ngopi yuk...

xero mengatakan...

matematika ilmu yg asik pas bisa rumusnya, klau pas ngga bisa.. mending biologi :P

aphied mengatakan...

kang,,,infonya ko tak dari dulu,,
skrg uda g mw belajar mat lageeee
*trauma.com*

darkbahamut mengatakan...

Matematika?

wahhh ini mah makanan gw tiap hari,lha wong kerjnya dengan STATISTIK mulu (wahh ga nyangka yang awalnya ga demen jd demen)

Mike.... mengatakan...

ini neh..mata pelajaran en mata kuliah favorit gw..biarpun ga pernah dapet nilai bagus gw ttp suka matematika..gatau knapa..

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Matematika... ilmu yang mengasah logika kita... orang bilang ibunya dari segala ilmu.. *kata orang loh..he.he..*

Bagi saya (atau menuru saya) tidak jarang buku praktis semacam itu jarang sekali mengupas "cara membuat praktis"nya.. sang murid hanya terima "mateng"nya saja tanpa bisa melogikakan asalnya bagaimana..

Maaf, saya belum membaca buku yang kang Boim maksud ini.. semuga juga dilengkapi dengan asal-usul rumus praktisnya... atau hanya kumpulan rumus saja...

muni mengatakan...

buku matematika. hehehe. lagi stress ama matematika nih. hahaha. :D

alif mengatakan...

matematika ya??

haduh....., tapi gi stresssssssss berat nie, mau mencoba mecahin kode enkripsi eval gzinflate base64 nih...., jadi matematikanya nunggu ntar aja dah,,,, :)

Lukman Chakim mengatakan...

Waduh Kang.....
Meski ada buku praktis, tapi pasti tetep aja gak bisa. Soalnya udah nyoba semua buku, bahkan yang katanya dari buku karangan profesor Inggris udah tak coba. Tapi tetep dengan bangganya aku berkata "Hore nilai Matematikaku dapet Kursi Goyang (Empat)". Dapet segitu aja udah sujud syukurnya minta ampun. Masih mending daripada dapet tiga.....

JoVie mengatakan...

aku juga suka Matematika walaupun gak pinter....tapi pas SMU gak ada pelajaran Matematika, jurusannya aja perhotelan..hehe..
pas kul malah matematika semua...asyik deh walaupun awalnya terserek2 pake jalannya....tapi asyik juga ternyata...
mendingan lah daripadad fisika

JoVie mengatakan...

jd pengen beli bukunya....

ie_vank mengatakan...

da g'versi down loadnya..tanpa harus beli buku...

mr.math mengatakan...

wow, i have new something here, please visit my blog and we can share about math...
http://doctermath.blogspot.com/

mencari jati diri....!!!!!@ mengatakan...

kang boim kalo punya ebook rumus maematika tolong dikirim in ke crash.night@gmail.com yach.....!!!!@ makasih sebelumnya....!!!!@

Anonim mengatakan...

wah bang boim gw kira bisa di download bukunya. ternyata promosi to. dapat komisi berapa?

Anonim mengatakan...

bang boimm..gimana klo mau beli bukunya? kiraiin bisa beli online ternyata cuman review aja nih...?ga bs beli online?? wah repot

wawank mengatakan...

Hebat blognya kak!!

wawank mengatakan...

low berkenan, follow balik ya!

Anonim mengatakan...

bang boim, kalo aku pingin pesen bukunya, caranya gimana ya, pengen banget beli, tapi gak tau mesti beli di mana, cara belinya post ke alamat email aku ya : yuliani_garut@yahoo.co.id (thanks...)

Mohtasham mengatakan...

its a pleasure reading all these informative things. I really appreciate your mindset man, please tell me how can i contact you, because your articles are always informative and cool for learning, they always increase my knowledge

harga kambing kurban tangerang mengatakan...

niase positng sob:)