Custom Search

beberapa hal yang harus diperhatikan bagi penderita maag

sekarang banyak orang yang menderita penyakit maag.kebanyakan dari mereka terkena maag karena tidak teratur dalam makan atau jarang makan sehingga membuat kelebihan asam pada lambung dan peradangan lambung .menurut para ahli apabila seseorang sedang terserang penyakit maag sebaiknya segera minum obat maag yang dapat segera menetralkan asam lambung dengan kata lain melakukan terapi farmakologis.sekarang banyak orang yang menderita penyakit maag.kebanyakan dari mereka terkena maag karena tidak teratur dalam makan atau jarang makan sehingga membuat kelebihan asam pada lambung dan peradangan lambung .menurut para ahli apabila seseorang sedang terserang penyakit maag sebaiknya segera minum obat maag yang dapat segera menetralkan asam lambung dengan kata lain melakukan terapi farmakologis.

Berikut beberapa tips untuk penderita maag:

Ø makan secara teratur

Ø sebaiknya sering makan makanan dalam porsi kecil untuk menghindari agar lambung tidak kosong

Ø hindari makan makanan asam dan pedas karena mengandung atau memproduksi gas dan merangsang lambung.

Ø Hindari minum minuman beralkohol, kopi dan sebaiknya tidak merokok

Ø Untuk melancarkan pencernaan sebaiknya perbanyak makan makanan berserat seperti sayurran dan buah-buahan

Ø Berolah raga secara teratur untuk meningkatkan stamina tubuh dan menjaga kondisi badan agar tetap sehat

Ø Hindari hal-hal yang dapat memacu sekresi asam lambung seperti stres, karena stres merupakan salah satu faktor psikis yang memacu asam lambung

Ø Berobat secara teratur

Ø Mempunyai persediaan antasida atau obat maag untuk berjaga untuk keadaan darurat.

nb: gambar www.holoprint.comPertama kali di publikasikan di www.pintunet.com

Berikut beberapa tips untuk penderita maag:

Ø makan secara teratur

Ø sebaiknya sering makan makanan dalam porsi kecil untuk menghindari agar lambung tidak kosong

Ø hindari makan makanan asam dan pedas karena mengandung atau memproduksi gas dan merangsang lambung.

Ø Hindari minum minuman beralkohol, kopi dan sebaiknya tidak merokok

Ø Untuk melancarkan pencernaan sebaiknya perbanyak makan makanan berserat seperti sayurran dan buah-buahan

Ø Berolah raga secara teratur untuk meningkatkan stamina tubuh dan menjaga kondisi badan agar tetap sehat

Ø Hindari hal-hal yang dapat memacu sekresi asam lambung seperti stres, karena stres merupakan salah satu faktor psikis yang memacu asam lambung

Ø Berobat secara teratur

Ø Mempunyai persediaan antasida atau obat maag untuk berjaga untuk keadaan darurat.

nb: gambar www.holoprint.com
Pertama kali di publikasikan di www.pintunet.com

44 komentar:

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Bila dengan obat maag biasa tidak ada perbaikan sebaiknya langsung konsultasi ke dokter saja..soalnya kalau terlambat bisa berbahaya..Penderita maag jg tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat pegel linu secara rutin,karena kebanyakan obat pegel linu mengiritasi lambung.

ujan mengatakan...

obat maag paling ampuh - puasa.. :D

Bayu Aditya mengatakan...

wah kebetulan saya ada asam lambung. pgn nambahin nih mas, jangan makan mie/nasi goreng sebelum makan nasi putih. itu sih kata dokter yang kemaren ngecek saya :)

ArverneSter mengatakan...

Alhamdulilah sya tidak mengalami. :)

Lyla mengatakan...

hehehe aku jg hari pertama sampe ketiga maag ku kambuh :D

Panda mengatakan...

hindari minuman beralkohol seperti kopi :D

trus knp kang Boim buka watung kopi ? :D

indonesiadua mengatakan...

tengkyu infonya mas, saya termasuk yang suka binun sendiri klo lg maag, paling2 minum obat warung... abis itu bengong mikirin lambung :(

easy mengatakan...

ada nih obat yang bagus untuk maag, soalnya Ibu saya mengkonsumsi ini alhamdulillah sembuh. (tapi saya lupa nama obatnya)

POTTER mengatakan...

sebenernya obatnya cuman MAKAN TERATUR, kalo ga sempet makan ya NGEMIL, aku dulu ngemilnya coklat kayak wafer2 gitu,

Kalo pas kambuh biasanya dibuatin bubur TAJIN ma nyokap, kadang BUBUR PATI juga,

papapam traffic mengatakan...

cocok nih buat yang lagi puasa

emfajar mengatakan...

walaupun ga mengidap maag.. tapi thx atas infonya kang..

Bunda Rierie mengatakan...

mama bunda juga sakit maag... kalo kambuh ampun dech kasian ngeliatnya...

Kristina Dian Safitry mengatakan...

lom pernah sakit ini and kalo bisa jangan deh.

uNieQ mengatakan...

wahhh tips buat unieq niyh kang... makasih ya??

Oeoes mengatakan...

nambahin kang
jangan makan sayur-sayuran tapi makanlah sayur sungguhan, hehehehehe
*kabur*

Blogger Addicter mengatakan...

@Oeoes: walah klo buah-buahan ga boleh juga tohhh..wakakakaka

bermanfaat nie tipsnya kang..tapi baru dikasih yg pertama udah jebol tuh..maag sih ga pernah ya tapi klo telat makan alias makannya ga teratur sering..tapi ya gitu kang ga pernah ngeluh..klo laper ya laper..abis itu tinggal makan doang..hehehe..

mungkin setelah beberapa tahun ke depan dampaknya..hihihi..

yah gmn lagi kang..kerjaan..hihihihi..

edisamsuri mengatakan...

jadi nggak enak nih soalnya saya penderita yang akut he he he

Benny mengatakan...

betul kang, termasuk saya jg nich penderita penyakit mag.. hehe
ooh, jd gt ya tipnya.. makasih kang.

cezmed mengatakan...

dulu saya sempet sakit maag..
cuman alhamdulillah dah sembuh sekarang mah. ada beberapa tips nya yng pernah saya ikutin dan berhasill..
xixixi²

nies... mengatakan...

dulu pernah di diagnosis maag, tapi Alhamdulillah sekarang enggak lagi...moga ga sampe maag lagi...

acy mengatakan...

wah cocok nich tipsnya buat acy yang suka sakit maag :)

acy mengatakan...

tips yang bagus mas, acy comot yaw :)

Andy MSE mengatakan...

Mohon maaf lahir batin

yunqi mengatakan...

Benar itu!!
Oya..minum vitamin C dosis tinggi
juga bahaya bagi penderita maag
Terima kasih tipsnya~

Hermanus mengatakan...

boleh ni saya kayaknya maag nih.... lambung terasa perih.ini akibat sering telat makan sih, oy salam kenal aja....

Muhammad Qori mengatakan...

untung saya belum pernah merasakan maag bulan puasa ini,Alhamdulillah...

wendra wijaya mengatakan...

Wah, saya bagiin ke teman2 ah, soalnya di sini banyak yang mengidap sakit maag akut, heheeee..

Trims infonya

gus mengatakan...

saya selalu terserang sakit magh. terutama pas malam dan berbarewngan dengan feel alone: maaa...maaa, kok ga ada seh, mama dmn yak? hehe

ROe mengatakan...

Assalamu'alikum wr.wb

" siyamana waasiyamaku, mminal aidzin walfaidzin" mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang pernah aku perbuat baik yang disengaja maupun yang tidak, walaupun hanya lewat sebaris kata yang pernah menjejak di blog ini.
semoga dihari yang fitri ini kita semua mendapat kemenangan sebagimana janji Allah SWT bagi orang2 yang beriman!

Wassalam wr.wb

- Roe -

enhal mengatakan...

Hemmm, thansk kang, coz saya maag juga

juragan medis mengatakan...

vitamin C dosis tinggi biasanya mengandung asam yg agak kuat, oleh karena itu penderita maag sebaiknya berhati-hati dlm mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi..

VIRGIN mengatakan...

k'lo aq lagi sakit maag, biasanya aq langsung konsumsi buah alpokat berkulit coklat

pojokjambi mengatakan...

wahhh... kalo hindari rokok n ngopi kayaknya payah lah.... hehehehe...

acy mengatakan...

wah cocok nich buat acy yg menderita maag, sayangnya acy suka maem pedes, ntar coba dikurangin ah :)

adeq mengatakan...

yang namanya sakit maag,kalo udah kambuh... dari ujung rambut ampe ujung kaki sakitnya... tobat rsanya makan pantangan... ech gitu baikan g kuat juga gk makan pedas... he..he. gimana tuch solusinya kang....

auLia mengatakan...

thanks infony, saLam kenal..

NursingBegin mengatakan...

Hidup mesti selalu bersyukur. Dengan syukur berarti akan mengurangi stress pikiran. Karena pikiran yg stress akan memicu sekresi asam lambung berlebihan dan akan menyebabkan kambuhnya penyakit maag.

Mas-Raden mengatakan...

wahhhh makasih banget mas tipsnya,kebetulan aku jugag punya maag eg. . .

salam knalll. . .

kambing kurban di tangerang mengatakan...

seep deh gan

sari kurma mengatakan...

impoh menarik

Aksesoris mobil mengatakan...

untung aku belom belum pernha kena magh

Obat Pelangsing Perut Alami mengatakan...

Terimakasih Atas Artikel nya.

obat herbal cacingan untuk anak umur 1 sampai 5 tahun mengatakan...

Hate only harm yourself, because most of the people who hate you will not be concerned with hatred

obat herbal hati berlemak
obat herbal hepatitis b
obat liver dari bahan teripang
http://obatalergicuacadingin.wordpress.com/
http://obatsariawanuntukbayi.wordpress.com/

obat maag akut pada anak mengatakan...

Obat infeksi lambung untuk anak
Obat ginjal bengkak pada ibu hamil
Obat Radang Payudara Ibu Hamil