Custom Search

Kegiatan Positif Remaja Muslim

Remaja dalam masa pertumbuhannya akan mengalami beberapa perkembangan yang nantinya akan membentuk suatu kepribadiaan dalam dirinya. Kegiatan positif yang dilakukan remaja saat ini akan mendorong dan menghasilkan suatu generasi muda yang memiliki kualitas dan akhlak yang baik. Karena itu dalam mengisi waktu luangnya seorang remaja harus melakukan suatu hal yang positif dan bermanfaat. Dalam buku yang berjudul Waktu Luang Bagi Remaja Muslim, karangan Ahmad Hasan Kanzun, terbitan Mitra Pustaka memberi gambaran tentang hubungan antara remaja dan waktu luang dalam khasanah islamiyah.

Buku ini berisi tentang aktifitas-aktifitas positif yang bermanfaat bagi remaja dalam mengisi waktu luangnya dengan baik serta mengetahui dampak negatif yang ditimbulkan bila memanfaatkan waktu luangnya tanpa ada suatu perencanaan dan pertimbangan yang baik dalam menetukan segala kegiatannya tersebut.beberapa kegiatan positif bagi remaja muslim antara lain :
1. Mengikuti kegiatan masjid yang merupakan pusat kegiatan keislaman dalam mengasah wawasan dan menambah pengetahuan dibidang keagamaan sebagai pedoman hidup.
2. Pendidikan keluarga. Dalam mengisi waktu luang, peran pendidikan keluarga sangat penting pengaruhnya dalam menentukan model dan methode kegiatan yang terbaik dalam mengoptimalkan pemanfaatan waktu luang bagi remaja muslim untuk memperluas wawasanya dalam ruang lingkup kegiatan keluarga.
3. Mengikuti kegiatan kemasyarakatan. Dalam membentuk remaja muslim sebagai generasi muda yang berkualitas, sangat diharapkan untuk dapat ikut berpartisipasi aktif dalam mengikuti segala kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dengan niat dan semangat yang positif. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama dan menumbuhkan rasa solidaritas.
4. Olah raga. Kegiatan olah raga termasuk dalam salah satu kegiatan yang positif dan terarah. Karena dengan berolah raga, remaja dapat menjaga kondisi tubuhnya agar selalu sehat dan dapat melakukan segala aktifitasnya.

Buku ini mempunyai judul asli Asy-Syabah Wa Auqatul Faragh, yang kemudian di terjemahkan oleh Ibnu Burdah, S. Ag. Kedalam bahasa indonesia. Buku yang berjudul Waktu Luang Bagi Remaja Muslim ini sangat bermanfaat dan dapat dijadikan acuan bagi remaja indonesia saat ini dalam mengisi waktu luangnya dengan aktifitas-aktifitas yang positif. Buku ini cukup terjangkau, hanya Rp 6000,- (pada tahun 2004).

di publikasikan pertamakali di www.pintunet.com

27 komentar:

uNieQ mengatakan...

waktu SMA dulu unieq gabung diremaja masjid dekat rumah.. dan yang unieq dapatin manfaatnya banyakkk banged..

dan cukup mempengaruhi kehidupan unieq sehari2.. mgk klo ga pernah gabung dalam kegiatan itu, unieq ga tau bakal jadi apa unieq skg...

emfajar mengatakan...

emank bener sebagai remaja muslim seharusnya kita mengisi hari2 dengan kegiatan positif.. jangan dengan hura2 aja :D

ziq mengatakan...

setuju boss...apalagi sekarang zamnnya saing-saingan...harus di mulai dari kita sendiri

edisamsuri mengatakan...

Jadi inget masa muda...saya termasuk gila kegiatan.

1. Sempat jadi wakil ketua karang taruna

2. Aktif IRMA (ikatan remaja mesjid )

wah itu salah satu masa masa paling menyenangkan dah

enhal_84 mengatakan...

wah jadi pengen beli kang..dimana bisa beli..
kalo dilihat dari penjelasannya bagus ne buku

aphied mengatakan...

setuju kang,,
masa remaja,,waktunya berkarya
yang positif tentunya,,^^

Benny mengatakan...

setuju banget kang...

gus mengatakan...

Remaja masjid? wew....jadi ngiri...kenapa remaja sya lebih banyak dijalanan ya.

Afif Amrullah mengatakan...

aktif di ReMa, progress n membela kaum mushtad'afien, adalah calon peghuni syurga :)

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Pas remaja dulu kegiatanku nongkrong di perempatan,main volly ama playstation..Jadinya ya kayak gini..Gak berminat dg organisasi dan sukanya jalan2 mulu..hihi..

acy mengatakan...

wah sejak kapan nich kang boim alih profesi jualan buku??he3xkabur...
NB: kang yang covernya jadi nggak mahir jadi belum bisa buatin, acy sendiri cuma upload foto doank,he3x :P

volverhank mengatakan...

wew, hahah, aku pernah jadi remaja masjid pas SD, isinya maen doang

hahaha
www.volverhank.com

Panda mengatakan...

wah..ngingetin Panda kalo selama ini dah lama ga aktif di remas :(

bukunya menarik kang. terus ngereview buku ya :)

Oeoes mengatakan...

pokoke setuju kang boim

wong alit mengatakan...

wahh..kang boim emang benar-benar sebagai akang... selalu ngiatin kita pada hal-hal yang positif.

Kristina Dian Safitry mengatakan...

ya..memang harus kegiatan positif...

oping mengatakan...

oping doyannya komik... hahahha dasar manusia gak guna ya...

supris mengatakan...

bagus kang posting nya...tapi,supris kan remaja nakal...mudah-mudahan aja bisa tobat..he..he..he..

namaku wendy mengatakan...

dulu pas kuliah msh ikutan tp sekarang dah gak penah hiks hbsnya yg ada pengajian ibu2 doang, kumpulan anak2nya masih yg kecil2, yg sepantaran jaraaaaaang banget:(

tyas mengatakan...

anak2 remaja sekarang masih suka berkegiatan keagamaan nggak ya??
kalo dulu sih akulumayan rajin..
sekarang agak males, soalnya.. kalo pengajian ibu2 suka lebih banyak dagang n ngerumpinya dr pada ceramahnya..
hehe, emang dasar emak2..

JoVie mengatakan...

Jovie pengeeenn...
tapi sayang, kesempatan itu belom pernah datang...
tapi di Hongkong sini lagi aada kok someone yang ngajakin rajin ke Masjid..

*insyaf Jov..Insyaf...udah mau Ramadhan nih*

dede mengatakan...

stujUUUUUUUUUUUUUUUUUU....banget. Seneng gitu kalo lihat anak2 muda kreatif,..jadi anak mesjid,..itu semua bisa menbentuk ahlak juga, dari kecil dididik. tapi saya heran ya,..kalo udah besar malah pada nggak karuan,..masa pengurus haji juga korupsi,..???????huahahahahaa

alif mengatakan...

akur dah..., sebagai muslim kita musti mengisi hari hari dalam hidup ini dengan sesuatu yang bermanfaat

fragaria mengatakan...

wah judulnya... aku kan remaja muslim juga ^^

muni mengatakan...

widiuh.. sepertinya menarik. tapi bagi umat yang lain apa bisa kang boim??

Lyla mengatakan...

wah aku dulu gak gabung di remaja muslim p sering ikutan pengajian aja :)

Happy mengatakan...

good luck.. be Positif Act..