Custom Search

Bersikap dan Berfikir Positif Dalam Keadaan Sakit

Kesehatan lahir dan batin merupakan karunia yang sangat besar untuk kita. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita harus mensyukuri nikmat, rahmat dan hidayah yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Selain memberikan nikmat, rahmat dan hidayah kepada umatnya, Allah SWT pun memberikan cobaan-cobaan kepada umatnya sebagai ujian ketaatan dan ketabahan bagi mereka dan allah tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya kecuali sesuai dengan kesanggupan dan kemampuannya. salah satu contohnya adalah sakit. Disini Abdullah Gymnastiar atau lebih kita kenal dengan AA Gym menulis sebuah buku yang berjudul “Adab Dikala Sakit”, dan diterbitkan oleh MQS Pustaka Grafika ini telah memberikan gambaran sikap yang baik bagi kita khususnya umat muslim dalam menghadapi cobaan dari Allah SWT tersebut.

Dalam buku ini terdapat 5 adab dikala sakit, yang menurut saya sangat membantu dan dapat membuka pintu hati kita untuk selalu berfikir positif dikala sakit dan untuk selalu tabah serta berserah diri kepada Allah SWT dalam menghadapi kondisi tersebut. Kelima adab tersebut yaitu:

1.Berprasangka baik kepada allah
2.Tidak berkeluh kesah
3.Mentafakuri hikmah sakit
4.Menyempurnakan ikhtiar untuk sembuh
5.Berniat untuk sembuh

Dari kelima adab dikala sakit ini dapat disimpulkan bahwa segala sesuatu yang ada didunia dan alam semesta ini adalah milik Allah SWT, termasuk juga didalamnya tubuh dan jiwa kita.oleh karena itu dalam menghadapi cobaan tersebut kita harus bersabar, bertawakal dan berserah diri kepada Allah SWT. Dan tidak sepatutnya bila kita selalu berkeluh kesah dan berprasangka buruk kepada Allah. Kita harus yakin bahwa dari cobaan yang diberikan oleh Allah SWT berupa sakit tersebut terdapat hikmah yang dapat kita ambil dan mungkin hal itu merupakan jalan yang terbaik bagi kita. Kunci dari kesembuhan itu sendiri adalah dari diri kita sendiri, yaitu dengan niat yang baik dan sungguh-sungguh.

5 komentar:

Ayu Ambarsari Hanafiah mengatakan...

tulisannya bermanfaat bangedd!

dan intinya yah kita semua harus pandai bersyukur!!
iya kan? :)

yoga permana kusumah mengatakan...

SETUJU

yoga permana kusumah mengatakan...

bagu..........s :P

Panda mengatakan...

bersyukur tu nikmat yg paling nikmat....:)

Aksesoris mobil mengatakan...

kapan pun kita memang harus selalu berfikir positif :D