Custom Search

Keterkaitan Antara Panduan Filosofis, Visi Dan Misi

Definisi Konsep Panduan Filosofis

Definisi kata filsafat bisa dikatakan merupakan sebuah problema falsafah pula. Tetapi paling tidak bisa dikatakan bahwa “falsafah” itu kira-kira merupakan studi daripada arti dan berlakunya kepercayaan manusia pada sisi yang paling dasar dan universal. Studi ini didalami tidak dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan problem secara persis, mencari solusi untuk ini, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu dan akhirnya dari proses-proses sebelumnya ini dimasukkan ke dalam sebuah dialektik. Dialektik ini secara singkat bisa dikatakan merupakan sebuah bentuk daripada dialog. (Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia). konsepsi filosofis didasarkan pada sejumlah prinsip yang jelas dan tak dapat disangkal lagi oleh akal. Prinsip-prinsip ini logis, sifatnya umum dan komprehensif. Karena kuat dan konstan, maka prinsip-prinsip ini memiliki keuntungan. Konsepsi filosofis merupakan mukadimah untuk aksi, artinya adalah bahwa konsepsi ini menentukan jalan hidup yang dipilih manusia. Prinsip ini mempengaruhi reaksi manusia terhadap pengalamannya berhubungan atau interaksi dalam kehidupan sosial bermasyarakat

Definisi Konsep Visi
pengertian tentang visi ialah suatu pandangan yang jauh tentang; tujuan-tujuan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Aplikasi konsep visi ini biasanya digunakan pada konteks individu, lembaga atau organisasi. Orang-orang yang memiliki visi dapat melihat lebih jauh dari apa yang ada dan apa yang dapat terjadi, dengan memiliki visi kita akan lebih mampu menggunakan akal pikiran kita untuk mengejar sesuatu yang baik. Menuju arah yang benar dan tidak berfikir secara pragmatis dalam menentukan pilihan atau jalan yang akan ditempuh, Oleh karena itu kita harus mengetahui terlebih dahulu siapa diri kita (baik dalam konteks individu, lembaga atau organisasi) dan apa fungsi dan tugas kita berada saat itu. Dari sana kita dapat menentukan arah berjalan kita dengan alasan-alasan yang bisa dipertanggungjawabkan. Visi merupakan pengarah tujuan yang terbaik dari imajinasi kreatif dan merupakan motivasi utama dari tindakan utama. Visi adalah kemampuan untuk melihat realitas yang kita alami saat ini, untuk menciptakan dan menemukan apa yang belum ada, serta menjadikan diri kita sebagai seseorang yang saat ini belum terwujud

Definisi Konsep Misi
pengertian misi ialah tujuan dan alasan yang memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan. Misi pada dasarnya hanya bukan sekedar usaha formal untuk memperjelas apa yang dikehendaki, namun misi merupakan tahap aksi yang akan dilaksanakan dari visi yang telah ada, guna mencapai suatu tujuan.

Hubungan Antara Panduan Filosofi, Visi dan Misi
Korelasi antara panduan filosofi, visi dan misi ialah disaat kita harus menerapkan ketiga tahap tersebut menjadi satu, hal terpenting yang harus dilakukan ialah mengembangkan dan mengkomunikasikan pernyataan dari setiap tahap baik itu pandangan filosofi, visi dan misi secara baik, dan hal ini sangat diperlukan dalam manajemen strategis. Visi ialah tujuan yang akan dicapai pada masa yang akan datang, dari tujuan tersebut akan ditentukan strategi. Penentuan tujuan sangat penting dilakukan agar langkah-langkah yang hendak dilakukan menjadi lebih terarah dan pada akhirnya dapat melakukan efisisensi dalam implementasinya. Sedangkan misi ialah tindak lanjut dari visi, dan merupakan bagian terpenting untuk membuat, mengaplikasikan dan mengevaluasi strategi. Sejalan dengan penerapan visi dan misi tersebut dalam suatu individu ataupun sebuah organisasi, pastinya akan mengalami beberapa hambatan yang harus dihadapi. Oleh karena itu diperlukannya sebuah panduan filosofis yang guna untuk menata kembali tujuan-tujuan dan dan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan dasar filosofis tersebut.

Daftar Pustaka
“Konsep, Kasus Dan Implementasi“ PT. Grasindo, 2001, Jakarta.
Rahmat “Visi Seorang Muslim (2)”.www.motivasi-islami.com
Tasmara T, Kecerdasan Ruhiah, GIP]
Wahyudi AS, SE, MBA “pengantar proses berfikir strategis”. Bina Rupa Aksara. 1996.
Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia

by herbowo sampurno

31 komentar:

kepedihan mengatakan...

pertama... :)

*jarang2 komen di bang boim bs pertama*

kepedihan mengatakan...

ga bsia komen apa2 bang..
aseli ga mudeng.... berat banget bahasan nya.heheheh :P

si dede jadul punya mengatakan...

wah.. br tau nih bang.
kirain simplenya gini:
visi tu tujuan
misi tu cara utk mcapai tujuan.
tnyata misi tu memberikan arah sekaligus batasan proses.
ooo.. yayaya... tp filsafat ga ngeh, sy dapet nilai C.
anyhow, HIDUP IDEALIS lah!

masenchipz mengatakan...

batasan proses dalam sebuah misi... btul kt bang jadul... hidup idealis... tanpa idealis... sulit untuk bertahan dalam sebuah kepribadian... he...he....

Kristina Dian Safitry mengatakan...

argumentasinya menarik meski secara pribadi aku menilai ada satu analisis yg kurang tepat.

Tony mengatakan...

aku ga ngerti kang..terlalu dalem maknanya

Panda mengatakan...

Panda jg baru tau soal ni, thanx postnya Kang

sering2 posting artikel ginian kang

Redline mengatakan...

Antara pengertia Visi dan Misi memang suka tumpang tindih,dan pemahaman orang per orang juga amat berbeda. Tidak heran Visi dan Misi sering di tanamkan perusahaan pada karyawannya. Selama karyawan tersebut masih bergabung, bisa sampai puluhan tahun tetap susah diimplementasikan. Filosofi bukan sudut pandang dari Visi Misi Kang ?, setahu aku yang umum tambahan dari Visi Misi ada yang namanya Intuisi untuk pencapaian. Thx

Blogger Addicter mengatakan...

wah serius semuanya...duh ngomong apa yah bang..ga tau nie..hehehe..klo visi tuh cara pandang kedepan dengan memikirkan segala aspek yg terlibat didalamnya yah bang..??klo misi apaan yah..??apa tujuan akhir daripada visi itu agar tepat sasaran pada tujuan yang dikehendaki alias goal..??gitu ya bang..??hehehe..sekedar opini bang..mudah2an ada yg protes...

****kaburrrrrrrrrrrrrrrr****

gus mengatakan...

wah2...berbakat jd legal drafter di parlemen neh....

salam hangat dr semarang

Eucalyptus mengatakan...

Wuiih, berat neh potingan.. eh he..
Yang penting emmang hidup ini harus punya visi n misi yg jelas, klo gak mau dibawa kemana badan ini.. he he..

abonk mengatakan...

Kang kamsud dari artikel kang Boim itu apa sih, aku kok + pusing pas baca terus mual, nyeri, sakit maklum gue dudulz bang kagak ngerti bahasan2 philosofis hehehe. bsk2 ajarin ya bangz

Benny Andhika mengatakan...

jadi inti dari permasalah tersebut adalah tentang perpaduan visi dan misi yg harus seimbang. untuk menuju kesuksesan pastinya.. yang kan kang..?? hehe..
jg perlu di ingat!!! smua itu berlandaskan titik temu antara keduanya dan harus di dukung dengan adanya kesempatan...

wah bingung nich...kwek-kwek...

iksan mengatakan...

mau komen apa yak....daripada pusing jualan aja ah....yang aus yang aus yang aus...akua....akua....akua....

fragaria mengatakan...

oh bgitu...
jarang mikir2 filosofis nih...

emfajar mengatakan...

wiw berat nich postingan kang Boim.. jadi bingung nich..

yang penting dari semuanya adalah aksi setelah kita menetapkan visi dan misi, tanpa aksi,, visi dan misi hanyalah sekedar janji kosong..

vRitTa mengatakan...

hola kang,, wuaaa. maap baru mampir,,
waduh, postingnya berat..
(pusing2)

alief mengatakan...

waduh......,bahasannya berat banget oey...., gak begitu ngeh aku.????

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Wah, kebanyakan kuq bilang kalo postingannya berat ya...Kalau menurutku, visi itu tujuan jangka panjang...Nah, kalau misi itu tujuan jangka pendeknya.

adeq mengatakan...

waduch .. berrrat amat.. aku cuma mo bilang kang boim hebat..

antbox mengatakan...

Mang bener kang, antara filosofis , visi dan misi . mmg gk bisa dipisahkan. dengan adanya filosofis lahirlah sebuah Visi dengan adanya Visi maka akan terciptalah sebuah Misi yg ingin di wujudkan.

kira2 seperti itu yah kang. nice post nih kang... :D

wendra wijaya mengatakan...

Nyerah Kang... saya gak bisa berpikir apa-apa...

Berat banget postingannya..!!!!

uNieQ mengatakan...

bagus niyh kang, buat yang dikasi tugas ma dosennya hehehehe bisa nyontek tulisannya kang boim hehehehe *dasar pikirannya nyontek mulu* :P

Gelandangan mengatakan...

Defenisi Visi dan misi sekarang diindonesia setiap saat bisa saja berubah klo ada Uang. uang dan uang heheheheh kacu yah pemikiran poltikus di indonesia ini kang

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Visi dan misi... mmmm...

Bentar...

Gak ngerti kang... bahasanya berat banget... saya harus baca berulang kali kayaknya... baru bisa ngerti...

Yang ini segini aja dulu kali ya..

*kabuurr*

Simbah mengatakan...

Puyeng saiya kang mbacanya, terlalu berat, perlu di ulang-ulang nih bacanya :)

JoVie mengatakan...

Waduh...Jovie masih bingug tuh urusan Filosofis..

Kalo Materialistis gw tahu...hehe

richard™ mengatakan...

Mana lebih dulu, ayam atau telor?

Mana yang lebih dulu, misi atau visi?

coba sambil liat-liat cp nya motorolla, ge, singapore airlines, dan kalo nggak salah, astra agro.

jawabannya ditunggu kang. nanti kita share lagi.

Mike.... mengatakan...

berat..berat...

2 kilo..

4 kilo kayaknya..

he..he..

richard™ (pecinta warkop yg bebas ngangkat kaki) mengatakan...

ha ha ha he he he ho ho ho ...

*biar nggak keliatan cemberut, dan kena tilang ama si akang* ;)

btw, diriku masih menanti sebuah jawaban .... terkait dua yg diatas diriku

ha ha ha he he ho ho ho *berpelukan*

Arysvia mengatakan...

mutlak sebagai manusia harus memiliki visi dan misi sama juga memberi makan/minum bagi tubuh...